Rabu, 27 Mei 2015

Bahan Ajar



Bahan ajar adalah bahan atau material atau sumber belajar yang mengandung substansi kemampuan tertentu yang akan dicapai oleh siswa. Secara garis besar bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional material) mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dipelajari siswa (Dikmentum dalam Trianto, 2012: 188). Adapun menurut Majid (2007: 174) bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktor dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis (National Center for Vocational Education Reserch Ltd/ National Center for Competency Based Training).

Penggunaan bahan ajar, memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi dasar secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu. Sebuah bahan ajar paling tidak mencakup petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung, latihan-latihan, petunjuk kerja, dan evaluasi. Bahan ajar dapat dikemas dalam bentuk cetakan, non cetak dan dapat bersifat visual auditif ataupun visual auditif (Majid, 2007: 174). Bahan ajar yang disusun dalam buku ajar pendidik dapat berbentuk buku teks, modul, handout, LKS dapat juga dikemas dalam bentuk lainnya (Soegiranto dalam Altasari, 2013: 84).  Beberapa keuntungan menggunakan bahan ajar cetak seperti LKS. Menurut Steffen Peter Ballstaedt (dalam Majid, 2007: 175) antara lain: biaya pengadaan relatif cukup murah, bahan tertulis cepat digunakandan dapat dengan mudah dipindah-pindahkan, menawarkan kemudahan secara luas dan kreatifitas individu, bahan ajar yang baik dapat memotivasi pembaca untuk melakukan aktivitas, seperti menandai, mencatat, membuat sketsa, bahan tertulis dapat dinikamati sebagai sebuah dokumen yang bernilai besar, pembaca dapat mengatur tempo secara mandiri.

Dalam proses pembelajaran bahan ajar yang digunakan dapat dikelompokkan menjadi paling tidak empat kelompok bentuk bahan ajar menurut Majid (2007: 174) sebagai berikut.
1.      Bahan cetak (printed) antara lain handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, model/maket.
2.      Bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam dan compact disk audio.
3.      Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film.
4.      Bahan ajar interaktif (interactive teaching materials) seperti compact disk interaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar