Rabu, 27 Mei 2015

Brosur



Brosur adalah bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid atau selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat tetapi lengkap tentang perusahaan atau organisasi (KBBI, 2008: 166 ). Dalam menentukan isi brosur seperti yang dikemukan dalam modul “How to produce an information brochure for patients and users of the healthcare system Methodology guide” (2008: 13), beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum memuat sebuah Informasi dalam pembuatan brosur yaitu:
1.      Mencari data ilmiah dan brosur yang terkait.
2.      Menganalisa kualitas dan kebenaran Informasi.
3.      Mengidentifikasi kebutuhan dan harapan yang diinginkan pasien/pembaca.
4.      Menggunakan hasil penemuan untuk menegaskan informasi yang dimuat.
Brosur dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar, selama sajian brosur diturunkan dari KD yang harus dikuasai oleh siswa. Mungkin saja brosur dapat menjadi bahan ajar yang menarik, karena bentuknya yang menarik dan praktis. Agar lembaran brosur tidak terlalu banyak, maka brosur didesain hanya memuat satu KD saja.  Ilustrasi dalam sebuah brosur akan menambah menarik minat peserta didik untuk menggunakannya.

Dalam menyusun sebuah brosur sebagai bahan ajar, menurut Depdiknas, (2008: 13), brosur paling tidak memuat antara lain:
1.         Judul diturunkan dari KD atau materi pokok sesuai dengan besar kecilnya materi.
2.         KD/materi pokok yang akan dicapai, diturunkan dari SI dan SKL.
3.         Informasi pendukung dijelaskan secara jelas, padat, menarik memperhatikan penyajian kalimat yang disesuaikan dengan usia dan pengalaman pembacanya.  Untuk siswa SMA upayakan untuk membuat kalimat yang tidak terlalu panjang, maksimal 25 kata per kalimat dan dalam satu paragraf 3 – 7 kalimat.
4.         Tugas-tugas dapat berupa tugas membaca buku tertentu yang terkait dengan materi belajar dan membuat resumenya. Tugas dapat diberikan secara individu atau kelompok dan ditulis dalam kertas lain.
5.         Penilaian dapat dilakukan terhadap hasil karya dari tugas yang diberikan.
Gunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi misalnya buku, majalah, internet, jurnal hasil penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar