Jumat, 02 Oktober 2015

indikator keterampilan proses



Berdasarkan Permendikbud No. 59 (2014: 871)  tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, jenis indikator keterampilan proses serta sub indikatornya sebagai berikut:
No.
Keterampilan Proses
Indikator
1.
Mengamati/
Observasi
1.     Menggunakan sebanyak mungkin alat indera.
2.     Mengumpulkan/menggunakan fakta yang relevan.
2.
Mengelompokan/
Klasifikasi
1.     Mencatat setiap pengamatan secara terpisah.
2.     Mencari perbedaan, persamaan.
3.     Mengontraskan ciri-ciri.
4.     Mencari dasar pengelompokkan atau penggolongan.
3.
Menafsirkan

1.     Menghubungkan hasil-hasil pengamatan.
2.     Menemukan pola dalam suatu seri pengamatan.
3.      Menyimpulkan.
4.
Meramalkan

1.     Menggunakan pola-pola hasil pengamatan.
2.     Mengungkapkan apa yang mungkin terjadi pada keadaan sebelum diamati.
5.
Mengajukan pertanyaan
1.     Bertanya apa, mengapa, dan bagaimana.
2.     Bertanya untuk meminta penjelasan.
3.     Mengajukan pertanyaan yang berlatar belakang hipotesis.
6.
Merumuskan hipotesis
1.     Mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian.
2.     Menyadari bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah.
7
Merencanakan
percobaan
1.     Menentukan alat/bahan/sumber yang akan digunakan.
2.     Mentukan variabel/ faktor penentu.
3.     Menetukan apa yang akan diukur, diamati dan dicatat.
4.     Menentukan apa yang akan dilaksanakan berupa langkah kerja.
8.
Menggunakan
alat/bahan
1.     Memakai alat/bahan.
2.     Mengetahui alasan mengapa menggunakan alat/bahan.
3.     Mengetahui bagaimana menggunakan alat/ bahan.
9.
Menerapkan konsep

1.     Menggunakan konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru.
2.     Menggunakan konsep pada pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang teramati.
10.
Berkomunikasi

1.     Mengubah bentuk penyajian.
2.     Menggambarkan data empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik atau tabel atau diagram.
3.     Menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis.
4.     Menjelaskan hasil percobaan atau penelitian.
5.     Membaca grafik atau tabel atau diagram.
6.     Mendiskusikan hasil kegiatan mengenai suatu masalah atau suatu peristiwa.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar