Jumat, 02 Oktober 2015

Sintaks Problem Based Learning (PBL)




Amri (2013: 13) mengemukakan ada  lima fase (tahap) kegiatan pembelajaran dengan PBL. Fase-fase tersebut merujuk pada tahap-tahapan praktis yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran dengan PBL sebagaimana disajikan pada Tabel berikut.



Fase
Aktivitas Guru
1.Orientasikan siswa kepada masalah
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, Menjelaskan logistik yang diperlukan, memotivasi siswa terlibat aktif pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya.

2.  Mengorganisasi siswa untuk belajar
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan dengan masalah yang tersebut.

3.  Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
Guru mendorong siswa mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, dan mencari untuk penjelasan dan pemecahan.

4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model, dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.

5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Guru membantu siswa untuk  melakukan refleksi  atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar