Berdasarkan
Permendikbud No. 59 (2014: 871) tentang
Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, jenis indikator
keterampilan proses serta sub indikatornya sebagai berikut:
No.
|
Keterampilan Proses
|
Indikator
|
1.
|
Mengamati/
Observasi
|
1.
Menggunakan sebanyak mungkin alat
indera.
2.
Mengumpulkan/menggunakan fakta
yang relevan.
|
2.
|
Mengelompokan/
Klasifikasi
|
1.
Mencatat setiap pengamatan secara
terpisah.
2.
Mencari perbedaan, persamaan.
3.
Mengontraskan ciri-ciri.
4.
Mencari dasar pengelompokkan atau
penggolongan.
|
3.
|
Menafsirkan
|
1.
Menghubungkan hasil-hasil
pengamatan.
2.
Menemukan pola dalam suatu seri
pengamatan.
3.
Menyimpulkan.
|
4.
|
Meramalkan
|
1.
Menggunakan pola-pola hasil
pengamatan.
2.
Mengungkapkan apa yang mungkin
terjadi pada keadaan sebelum diamati.
|
5.
|
Mengajukan pertanyaan
|
1.
Bertanya apa, mengapa, dan
bagaimana.
2.
Bertanya untuk meminta
penjelasan.
3.
Mengajukan pertanyaan yang
berlatar belakang hipotesis.
|
6.
|
Merumuskan hipotesis
|
1.
Mengetahui bahwa ada lebih dari
satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian.
2.
Menyadari bahwa suatu penjelasan
perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan
cara pemecahan masalah.
|
7
|
Merencanakan
percobaan
|
1.
Menentukan alat/bahan/sumber yang
akan digunakan.
2.
Mentukan variabel/ faktor
penentu.
3.
Menetukan apa yang akan diukur,
diamati dan dicatat.
4.
Menentukan apa yang akan
dilaksanakan berupa langkah kerja.
|
8.
|
Menggunakan
alat/bahan
|
1.
Memakai alat/bahan.
2.
Mengetahui alasan mengapa
menggunakan alat/bahan.
3.
Mengetahui bagaimana menggunakan
alat/ bahan.
|
9.
|
Menerapkan konsep
|
1.
Menggunakan konsep yang telah
dipelajari dalam situasi baru.
2.
Menggunakan konsep pada
pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang teramati.
|
10.
|
Berkomunikasi
|
1.
Mengubah bentuk penyajian.
2.
Menggambarkan data empiris hasil
percobaan atau pengamatan dengan grafik atau tabel atau diagram.
3.
Menyusun dan menyampaikan laporan
secara sistematis.
4.
Menjelaskan hasil percobaan atau
penelitian.
5.
Membaca grafik atau tabel atau
diagram.
6.
Mendiskusikan hasil kegiatan
mengenai suatu masalah atau suatu peristiwa.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar