Amri (2013: 13)
mengemukakan ada lima fase (tahap)
kegiatan pembelajaran dengan PBL. Fase-fase tersebut merujuk pada tahap-tahapan
praktis yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran dengan PBL sebagaimana
disajikan pada Tabel berikut.
Fase
|
Aktivitas Guru
|
1.Orientasikan siswa kepada masalah
|
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran, Menjelaskan logistik yang diperlukan, memotivasi siswa
terlibat aktif pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya.
|
2. Mengorganisasi siswa untuk belajar
|
Guru membantu
siswa mendefinisikan dan
mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan dengan masalah yang tersebut.
|
3. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
|
Guru mendorong
siswa mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, dan
mencari untuk penjelasan dan pemecahan.
|
4. Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Guru membantu
siswa merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video,
dan model, dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.
|
5. Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Guru membantu
siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan
proses-proses yang mereka gunakan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar